Pengantar Ilmu Sosial salin 2
Mata kuliah Pengantar Ilmu sosial bertujuan untuk memberikan dasar pemahaman tentang hakikat dan fungsi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai bidang kajian ilmu yang integral. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari paradigma epistemologi pendidikan IPS, termasuk pendekatan dan metode yang digunakan untuk memahami fenomena sosial secara ilmiah. Melalui kajian teoritis dan diskusi kritis, mata kuliah ini membantu mahasiswa memahami hubungan antara ilmu sosial dan pendidikan, serta relevansinya dalam membangun masyarakat yang berpengetahuan dan berdaya kritis. Dengan landasan ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan wawasan yang komprehensif untuk mendukung kompetensi mereka sebagai calon pendidik atau profesional di bidang sosial.
- Dosen: 199006082019031009 I Wayan Pardi, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 1
Manajemen Pariwisata
mata kuliah manajemen pariwisata dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pengelolaan sektor pariwisata secara efektif dan berkelanjutan. Materi yang diajarkan mencakup konsep dasar manajemen pariwisata, strategi pemasaran destinasi, pengelolaan sumber daya manusia di sektor pariwisata, perencanaan dan pengembangan destinasi, hingga pemahaman tentang kebijakan dan regulasi terkait pariwisata di Indonesia. Selain itu, mahasiswa akan diajak untuk memahami dinamika pasar wisata, tantangan global, serta pengaruh pariwisata terhadap sosial, ekonomi, dan lingkungan. Mata kuliah ini juga memberikan keterampilan praktis, seperti pembuatan paket wisata, pengelolaan acara pariwisata, dan analisis tren pariwisata. Dengan pendekatan teori dan praktik, mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi profesional yang kompeten di bidang pariwisata.
- Dosen: 199006082019031009 I Wayan Pardi, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
English for History and Tourism
Mata kuliah ini memberikan pelatihan praktik-praktik dasar bagi mahasisw sejarah dalam mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam percakapan interaksionis atau deskripsi sebuah wilayah, benda yang bernuansa sejarah. Tujuan dari mata kuliah ini adalah menghasilkan keterampilan tambahan bagi calon guru sejarah terutama di dalam Bahasa Inggris
- Dosen: 1989081420160501245 I Putu Hendra Mas Martayana, S.Pd.,M.A
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
Sejarah Indonesia era Kolonial
Mata kuliah ini memberikan penjelasan tentang periode kolonialisme di Indonesia sejak pendirian VOC pada tahun 1602-masa-masa akhir kekuasaan Belanda di Indonesia pada 1942. Beberapa kebijakan penting yang menjadi unit analisis dari mata kuliah ini meliputi cultuurstelsel, politik etis, undang-undang agrarian, politik asosiasi, politik pintu terbuka
- Dosen: 1989081420160501245 I Putu Hendra Mas Martayana, S.Pd.,M.A
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
Pra Aksara Indonesia salin 1
Mata kuliah ini memberikan penjelasan tentang periode Indonesia dan dunia pada masa pra aksara. Masa Pra aksara adalah periode di mana praktik kehidupan manusia belum mengenal tulisan. Sebagai gantinya, mereka mewariskan ingatannya kepada generasi berikutnya melalui tradisi lisan seperti pantun, nyanyian, tambo, praktik upacara dan lain-lain.
- Dosen: 1989081420160501245 I Putu Hendra Mas Martayana, S.Pd.,M.A
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
Pancasila Rombel SI-IKI
Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah menguasai konsep-konsep dasar di sekolah menengah pada bidang politik, hukum, nilai, tata pemerintahan, dan ideologi Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi ilmiah. Mata kuliah Pancasila ini merupakan salah satu mata kuliah wajib umum (MKWU) yang harus diberikan di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinngi. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial dengan memeliki bobot 2 sks maka mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penalaran nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa untuk dapat menunjukkan partisipasi sosial politiknya dalam pengambilan keputusan-keputusan publik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk mengkaji konsep dasar, nilai-nilai dan implementasinya yang mencakup; hakikat dan landasan Pancasila di Perguruan Tinngi, Pancasila dalam kajian sejarah bangsa indonesia, Pancasila sebagai dasar negara, pancasila sebagai ideologi nasional, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika, Pancasila sebagai dasar nilai ilmu pengetahuan, dan implementasi nilai-nilai Pabcasila dalam bentuk praktek belajar kewarganegaraan berorientasi kebijakan publik (project citizen).
Pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan kompetensi belajar mahasiswa akan dilakukan baik dengan pendekatan belajar mandiri, partisipatif, maupun kooeparatif, serta pemberian proyek kelas. Tugas-tugas yang diharapkan untuk dapat dikerjakan mahasiswa sebagai tagihan utama selama proses pembelajaran adalah laporan ringkasan buku, makalah kelompok, makalah individu, proyek kelas (portofolio kelas), dan presentasi kelompok. Penilaian unjuk keberhasilan mengikuti mata kuliah ini akan dilakukan baik melalui UTS, UAS, tugas-tugas (portofolio), dan self-assessment”.
- Dosen: 199006082019031009 I Wayan Pardi, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
Pancasila Rombel SI-C
Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah menguasai konsep-konsep dasar di sekolah menengah pada bidang politik, hukum, nilai, tata pemerintahan, dan ideologi Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi ilmiah. Mata kuliah Pancasila ini merupakan salah satu mata kuliah wajib umum (MKWU) yang harus diberikan di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinngi. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial dengan memeliki bobot 2 sks maka mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penalaran nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa untuk dapat menunjukkan partisipasi sosial politiknya dalam pengambilan keputusan-keputusan publik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk mengkaji konsep dasar, nilai-nilai dan implementasinya yang mencakup; hakikat dan landasan Pancasila di Perguruan Tinngi, Pancasila dalam kajian sejarah bangsa indonesia, Pancasila sebagai dasar negara, pancasila sebagai ideologi nasional, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika, Pancasila sebagai dasar nilai ilmu pengetahuan, dan implementasi nilai-nilai Pabcasila dalam bentuk praktek belajar kewarganegaraan berorientasi kebijakan publik (project citizen).
Pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan kompetensi belajar mahasiswa akan dilakukan baik dengan pendekatan belajar mandiri, partisipatif, maupun kooeparatif, serta pemberian proyek kelas. Tugas-tugas yang diharapkan untuk dapat dikerjakan mahasiswa sebagai tagihan utama selama proses pembelajaran adalah laporan ringkasan buku, makalah kelompok, makalah individu, proyek kelas (portofolio kelas), dan presentasi kelompok. Penilaian unjuk keberhasilan mengikuti mata kuliah ini akan dilakukan baik melalui UTS, UAS, tugas-tugas (portofolio), dan self-assessment”.
- Dosen: 199006082019031009 I Wayan Pardi, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
Pancasila Rombel SI-B
Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah menguasai konsep-konsep dasar di sekolah menengah pada bidang politik, hukum, nilai, tata pemerintahan, dan ideologi Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi ilmiah. Mata kuliah Pancasila ini merupakan salah satu mata kuliah wajib umum (MKWU) yang harus diberikan di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinngi. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial dengan memeliki bobot 2 sks maka mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penalaran nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa untuk dapat menunjukkan partisipasi sosial politiknya dalam pengambilan keputusan-keputusan publik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk mengkaji konsep dasar, nilai-nilai dan implementasinya yang mencakup; hakikat dan landasan Pancasila di Perguruan Tinngi, Pancasila dalam kajian sejarah bangsa indonesia, Pancasila sebagai dasar negara, pancasila sebagai ideologi nasional, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika, Pancasila sebagai dasar nilai ilmu pengetahuan, dan implementasi nilai-nilai Pabcasila dalam bentuk praktek belajar kewarganegaraan berorientasi kebijakan publik (project citizen).
Pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan kompetensi belajar mahasiswa akan dilakukan baik dengan pendekatan belajar mandiri, partisipatif, maupun kooeparatif, serta pemberian proyek kelas. Tugas-tugas yang diharapkan untuk dapat dikerjakan mahasiswa sebagai tagihan utama selama proses pembelajaran adalah laporan ringkasan buku, makalah kelompok, makalah individu, proyek kelas (portofolio kelas), dan presentasi kelompok. Penilaian unjuk keberhasilan mengikuti mata kuliah ini akan dilakukan baik melalui UTS, UAS, tugas-tugas (portofolio), dan self-assessment”.
- Dosen: 199006082019031009 I Wayan Pardi, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
Pancasila Rombel SI-A
Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah menguasai konsep-konsep dasar di sekolah menengah pada bidang politik, hukum, nilai, tata pemerintahan, dan ideologi Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi ilmiah. Mata kuliah Pancasila ini merupakan salah satu mata kuliah wajib umum (MKWU) yang harus diberikan di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinngi. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial dengan memeliki bobot 2 sks maka mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penalaran nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa untuk dapat menunjukkan partisipasi sosial politiknya dalam pengambilan keputusan-keputusan publik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk mengkaji konsep dasar, nilai-nilai dan implementasinya yang mencakup; hakikat dan landasan Pancasila di Perguruan Tinngi, Pancasila dalam kajian sejarah bangsa indonesia, Pancasila sebagai dasar negara, pancasila sebagai ideologi nasional, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika, Pancasila sebagai dasar nilai ilmu pengetahuan, dan implementasi nilai-nilai Pabcasila dalam bentuk praktek belajar kewarganegaraan berorientasi kebijakan publik (project citizen).
Pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan kompetensi belajar mahasiswa akan dilakukan baik dengan pendekatan belajar mandiri, partisipatif, maupun kooeparatif, serta pemberian proyek kelas. Tugas-tugas yang diharapkan untuk dapat dikerjakan mahasiswa sebagai tagihan utama selama proses pembelajaran adalah laporan ringkasan buku, makalah kelompok, makalah individu, proyek kelas (portofolio kelas), dan presentasi kelompok. Penilaian unjuk keberhasilan mengikuti mata kuliah ini akan dilakukan baik melalui UTS, UAS, tugas-tugas (portofolio), dan self-assessment”.
- Dosen: 199006082019031009 I Wayan Pardi, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
Pancasila Rombel 1
Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah menguasai konsep-konsep dasar di sekolah menengah pada bidang politik, hukum, nilai, tata pemerintahan, dan ideologi Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi ilmiah. Mata kuliah Pancasila ini merupakan salah satu mata kuliah wajib umum (MKWU) yang harus diberikan di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinngi. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial dengan memeliki bobot 2 sks maka mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penalaran nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa untuk dapat menunjukkan partisipasi sosial politiknya dalam pengambilan keputusan-keputusan publik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk mengkaji konsep dasar, nilai-nilai dan implementasinya yang mencakup; hakikat dan landasan Pancasila di Perguruan Tinngi, Pancasila dalam kajian sejarah bangsa indonesia, Pancasila sebagai dasar negara, pancasila sebagai ideologi nasional, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika, Pancasila sebagai dasar nilai ilmu pengetahuan, dan implementasi nilai-nilai Pabcasila dalam bentuk praktek belajar kewarganegaraan berorientasi kebijakan publik (project citizen).
Pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan kompetensi belajar mahasiswa akan dilakukan baik dengan pendekatan belajar mandiri, partisipatif, maupun kooeparatif, serta pemberian proyek kelas. Tugas-tugas yang diharapkan untuk dapat dikerjakan mahasiswa sebagai tagihan utama selama proses pembelajaran adalah laporan ringkasan buku, makalah kelompok, makalah individu, proyek kelas (portofolio kelas), dan presentasi kelompok. Penilaian unjuk keberhasilan mengikuti mata kuliah ini akan dilakukan baik melalui UTS, UAS, tugas-tugas (portofolio), dan self-assessment”.
- Dosen: 199006082019031009 I Wayan Pardi, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
Sejarah Sosial salin 2
Mata kuliah ini bertujuan memberakan wawasan, pengetahuan, keterampilan berpikir kritis dan kemampuan mengidentifikaksi serta menganalisis gejala-gejala social yang menjadi kajian sejarah social Indonesia.
- Dosen: 196608311993032001 Dr. Tuty Maryati, M.Pd.
- Enrolled students: 17
Strategi Pembelajaran Sejarah A
- Dosen: 196608311993032001 Dr. Tuty Maryati, M.Pd.
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
Pancasila Rombel B
Mata kuliah ini mempunyai prasyarat bahwa mahasiswa telah
menguasai konsep-konsep dasar di sekolah menengah pada bidang politik, hukum,
nilai, tata pemerintahan, dan ideologi
Pancasila serta keterampilan sosial dasar dalam berkomunikasi dan presentasi
ilmiah. Mata kuliah Pancasila ini merupakan salah satu mata kuliah wajib umum
(MKWU) yang harus diberikan di Perguruan Tinggi sesuai UU Nomor 12 tahun 2012
tentang Pendidikan Tinngi. Sebagai salah satu mata kuliah yang esensial dengan
memeliki bobot 2 sks maka mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis, penalaran nilai, dan keterampilan sosial mahasiswa
untuk dapat menunjukkan partisipasi sosial politiknya dalam pengambilan
keputusan-keputusan publik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam mata kuliah ini
mahasiswa akan diajak untuk mengkaji konsep dasar, nilai-nilai dan implementasinya yang mencakup; hakikat
dan landasan Pancasila di Perguruan Tinngi, Pancasila dalam kajian sejarah
bangsa indonesia, Pancasila sebagai dasar negara, pancasila sebagai ideologi nasional,
Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika, Pancasila sebagai
dasar nilai ilmu pengetahuan, dan implementasi nilai-nilai Pabcasila dalam
bentuk praktek belajar kewarganegaraan berorientasi kebijakan publik (project
citizen). Pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan kompetensi
belajar mahasiswa akan dilakukan baik dengan pendekatan belajar mandiri,
partisipatif, maupun kooeparatif, serta pemberian proyek kelas. Tugas-tugas
yang diharapkan untuk dapat dikerjakan mahasiswa sebagai tagihan utama selama
proses pembelajaran adalah laporan ringkasan buku, makalah kelompok, makalah
individu, proyek kelas (portofolio kelas), dan presentasi kelompok. Penilaian
unjuk keberhasilan mengikuti mata kuliah ini akan dilakukan baik melalui UTS,
UAS, tugas-tugas (portofolio), dan self-assessment”.
- Dosen: 196608311993032001 Dr. Tuty Maryati, M.Pd.
- Enrolled students: 1
Statistika Dasar Kelas A
Mata Kuliah Statistika Dasar adalah mata kuliah yang memberikan pengenalan tentang konsep dan teknik dasar dalam statistik yang digunakan untuk menganalisis dan menyimpulkan data. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana mengumpulkan, mengorganisasi, menganalisis, dan menginterpretasi data yang ada untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.
- Dosen: 199501112022031008 Alif Alfi Syahrin, M.Pd.
- Dosen: 199006082019031009 I Wayan Pardi, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 6
Kajian Geografi Sejarah Kelas B
Mata Kuliah ini bertujuan untuk memahami geografi kesejarahan umum yang meliputi geografi di belakang sejarah, geografi kesejarahan sebagai ilmu bantu sejarah, lingkungan alam dan adaftasi manusia, zaman prasejarah dan awal sejarah, geografi kesejarahan di Mesir, Mesopotamia, India, Cina, Migrasi bangsa-bangsa masuk nusantara, geografi kesejarahan Tarumanegara, Sri Wijaya , Mataram Hindu di Jawa Tengah, geografi politik di Jawa Timur, Gunung Penanggungan dan Kali Brantas, Peradaban Majapahit, Kerajaan Demak.
- Dosen: 197604122006041001 Dr. Ketut Sedana Arta, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 34
[SEJS120703] Sejarah Pendidikan
Sejarah Pendidikan adalah salah satu mata kuliah pengembangan bidang studi sejarah tematis pada Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Tujuan matakuliah adalah mengembangkan kemampuan pemahaman kritis mahasiswa terhadap fenomena upaya manusia dalam bidang pendidikan yang memiliki kontribusi terhadap pembangunan kebudayaan umat manusia dari jaman ke jaman baik di Indonesia maupun di luar Indonesia, juga mengembangkan sikap kreatif dan inovatif mahasiswa dalam mengembangkan kesadaran pentingnya pendidikan dalam pembangunan masyarakat masa kini dan masa datang
- Dosen: 197604122006041001 Dr. Ketut Sedana Arta, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 22
[SEJS124403] Metodologi Digitalisasi Pariwisata Budaya
Mata Kuliah Metodologi Digitalisasi Sejarah dan Budaya merupakan mata kuliah yang mempersiapkan dan membekali mahasiswa dengan keterampilan yang diperlukan di era digital. Digitalisasi sejarah dan budaya melalui bentuk foto, gambar, video hingga 3D merupakan keterampilan yang saat ini diperlukan di bidang pelestarian dan pendidikan. Mata kuliah ini membekali amhasiswa dengan keterampilan teotitis, praktis dan kode etis dari pekerjaan digitalisasi
- Dosen: 197604122006041001 Dr. Ketut Sedana Arta, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 24
[SEJS124107] Kajian Sejarah dan Budaya Bali
Mata Kuliah ini memberikan pemahaman tentang perkembangan Bali & Nusra sejak masa prasejarah, persentuhannya dengan budaya luar dan implikasinya terhadap pertumbuhan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Bali, Nusa Tenggara, masa colonial Belanda, Jepang dan zaman kebangkita nasional
- Dosen: 197604122006041001 Dr. Ketut Sedana Arta, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 33
Literasi Humanistik Rombel 7
Mata kuliah Literasi Humanistik bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam berpikir kritis, berempati dengan orang lain, mampu membuat keputusan etis, dan berkomunikasi secara efektif dalam beradaptasi dan berinteraksi sosial sebagai bagian dari Masyarakat serta mampu memecahkan masalah-masalah kemanusiaan. Melalui perkuliahan Literasi Humanistik, mahasiswa diharapkan mampu untuk memahami: (1) Konsep Literasi (perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan) dan Humanistik; (2) Manusia sebagai Makhluk Monopluralistik; (3) Manusia sebagai Homo Religius; (4) Manusia sebagai Makhluk Individual dan Sosial; (5) Manusia sebagai Makhluk Berbudaya dan Beradab (peradaban manusia dan etis); (6) Manusia sebagai Makhluk Estetik (sastra, karya seni); (7) Manusia sebagai Makhluk Politis; (8) Manusia sebagai Makhluk Bermain
- Dosen: 199006082019031009 I Wayan Pardi, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 23
Literasi Humanistik Rombel 12
Mata kuliah Literasi Humanistik bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam berpikir kritis, berempati dengan orang lain, mampu membuat keputusan etis, dan berkomunikasi secara efektif dalam beradaptasi dan berinteraksi sosial sebagai bagian dari Masyarakat serta mampu memecahkan masalah-masalah kemanusiaan. Melalui perkuliahan Literasi Humanistik, mahasiswa diharapkan mampu untuk memahami: (1) Konsep Literasi (perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan) dan Humanistik; (2) Manusia sebagai Makhluk Monopluralistik; (3) Manusia sebagai Homo Religius; (4) Manusia sebagai Makhluk Individual dan Sosial; (5) Manusia sebagai Makhluk Berbudaya dan Beradab (peradaban manusia dan etis); (6) Manusia sebagai Makhluk Estetik (sastra, karya seni); (7) Manusia sebagai Makhluk Politis; (8) Manusia sebagai Makhluk Bermain
- Dosen: 199006082019031009 I Wayan Pardi, S.Pd., M.Pd.
- Enrolled students: 30